Purworejo Dikunjungi Xtraligi, Tak Sekadar Nyanyi dan Ngaji

2 Jun 2011

Xtraligi Kunjungan Spiritual Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur ke Pesantren, demikian nama yang disematkan pada rangkaian aktivitas yang didukung Djarum Coklat Extra ini. Dari akun Twitter @TigaRambu disebutkan, bahwa Tour Pesantren Iwan Fals ini Insya Allah bisa mengunjungi 99 pesantren di tanah air. Aktivitas ini sudah dimulai tahun lalu. Purworejo menjadi kota ke-54 setelah tiga hari sebelumnya secara berturut-turut mengunjungi kota Kudus (28/05), Solo (29/05) dan Sleman (31/05). Purbalingga adalah kota berikutnya, hari ini (02/06). Dalam kunjungannya di Purworejo, berbagai aktivitas dilaksanakan di Pondok Pesantren Bulus.

Selain Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur, Xtraligi juga menampilkan sekaligus Ki Enthus Susmana yang selama ini kita kenal sebagai seorang dalang wayang golek dan Dr Zastrow Al Ngatawi yang seorang religius! ‘Empat nama’ kunci tersebut lantas menjadi komunikator yang piawai menyampaikan pesan, hangat dan menghibur. Tiap jeda Iwan Fals nyanyi diiringi Ki Ageng Ganjur, Dr Zastrow menafsirkan lirik-lirik Iwan Fals yang berhubungan dengan Ayat Suci. Ki Enthus pun tangkas membangun potongan demi potongan cerita lewat wayang goleknya. Pesan baik yang dikemas dengan cerdas, terpadu dan menghibur. Pantas saja suasana yang dibangun bukan ‘melulu’ musik, bukan ‘melulu’ ‘ngaji’.

Sebelum tampil di panggung, Xtraligi juga mengadakan serangkaian aktivitas di pondok pesantren. Penanaman 1000 pohon secara simbolis, dialog budaya atau juga bertemu media. Ini yang menjadikan Tour Pesantren Iwan Fals ‘lebih bergema’. Boleh dibilang gemanya sampai ke hati, misalnya ajakan menanam pohon dilakukan secara nyata (realitas sosial) dan juga melalui ‘Tanam Siram Tanam’ dari atas panggung (realitas media). Di Purworejo, ujar Iwan Fals, masih terdapat banyak pohon lebat! (maaf, subuhan dulu ~ indiepagi)


TAGS socmed Iwan Fals Purworejo Twitter Facebook Zastrow Enthus Purbalingga Sleman Solo Kudus Xtraligi Djarum Coklat Ki Ageng Ganjur


-

Author

Follow Me